Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut bisa menjadi indikator kualitas hidup seseorang. Dimana untuk bertahan hidup, manusia sangat membutuhkan energi dari makanan.

Gigi dan mulut sangat berperan penting sebagai gerbang utama masuknya sumber energi yang dibutuhkan manusia untuk terus berkembang, tumbuh, dan melangsungkan kehidupannya. Kualitas hidup yang baik bisa didapat dengan sehatnya gigi dan mulut.

Gusi merupakan sebuah pondasi tempat berdirinya gigi, kesehatan gigi berasal dari sehatnya gusi. Akan tetapi sangat disayangkan tidak banyak orang yang tahu mengenai hal tersebut.

7 dari 10 orang indonesia mengalami gusi berdarah. Gusi berdarah ini sering diabaikan dan sering dianggap remeh oleh sebagai orang, gusi yang sering berdarah bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius.

Gusi berdarah ini adalah salah satu tanda adanya infeksi pada gusi yang diakibatkan oleh bakteri dan sisa-sisa makanan membentuk plak yang kemudian setelah 3 hari mengeras menempel dibawah gusi yang biasa disebut dengan istilah karang gigi.

Kondisi tersebut apabila dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan terjadinya kerusakan jaringan penyangga gigi sehingga gigi goyang bahkan tanggal.

Gusi berdarah bisa berbahaya, akan tetapi bisa dicegah dengan kebiasaan kecil yang dilakukan sehari-hari yaitu dengan konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah – buahan sebagai sumber vitamin serta kalsium yang penting bagi kesehatan gigi. Kandungan serat pada sayur dan buah-buahan bisa membersihkan permukaan gigi.

Kebiasaan menggosok gigi pada pagi hari sebelum sarapan kurang tepat, karena tujuan menggosok gigi yaitu membersihkan gigi dari sisa-sia makanan. Sehingga alangkah bagusnya apabila menggosok gigi itu dilakukan sesudah sarapan, begitu juga malam hari sebelum tidur atau sesudah makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *